Kamis, 12 Maret 2015

ARTIKEL PEMBUATAN ANIMASI di AUGMENTED REALITY

Bertemu lagi dengan saya,
kali ini kita akan sharing tentang pembuatan animasi menggunakan teknologi Augmented Reality, sebelumnya kita harus mengerti apa itu augmented reality. nah disini teman2 bisa membacanya di link yang sudah saya sediakan  
http://hendripratama14.blogspot.com/2015/02/pembuatan-augmented-reality.html 
untuk judul animasi yang saya buat adalah tentang pembelajaran hukum newton gravitasi , disini saya memberikan animasi sebuah pohon yang kemudian ada buah yang jatuh dari pohon tersebut. 
 
kita langsung berlanjut ke pembuatan animasinya di augmented reality :

  1. Buka file .blend yang sudah ada animasinya
  2. kemudian pilih file - export - auto desk FBX
  3. simpan dalm folder yang sama pada .blend
  4. pilih lagi file - external data - unpack all into files.Bila ada tanda centang pada automaticaly pack into .blend hilangkan dulu tanda centangnya.Dan masuk lagi pada file seperti tadi
  5. pilih use file in curent directory
  6. bila sudah kita cek di folder yang sudah kita siapkan tadi untuk melihat .fbx
  7. cek juga teksture dalam folder
  8. masuk pada unity tarik ke areanya Ar camera dan image target.Untuk main camera delete saja
  9. atur supaya ar camera dan image target posisinya sama dengan cara position diganti 0(nol) semua
  10. Selanjutnya Pilih asset import packed custom package
  11. file yang dimasukan dari unity package
  12. untuk memasukan filenya tidak bisa bersamaan harus satu persatu. atur untuk image target dengan data set yang tadinya empty kita ganti dengan file unity package yang telah kita masukan tadi
  13. Buat folder baru pada Asset dengan nama yang diinginkan.Disini saya memakai nama rotasi
  14. Buka folder tersebut dan masukan 2 file dari folder yaitu .fbx dan teksture
  15. Tarik file animasi kedalam area kemudian klik file .fbx untuk kita atur animasinya.Klik model dan ganti 1 untuk scale factornya apply
  16. untuk rig pilih legacy kemudian apply
  17. pindah ke animation wrap mode ganti dengan loop 
  18. dan ganti nama pada scene yang kita inginkan sesuaikan untuk start dan end sesuai yang terdapat pada file blender
  19. jangan lupa centang add loop frame dan pilih loop dan apply
  20. Setelah semuanya dimasukan pada area kita atur scala dan posisinya agar terlihat pada Ar camera.Untuk mengaturnya mungkin bagi yang pertama kali belajar akan cukup kesulitan jadi harus sering praktek untuk membuat animasi dengan unity
    terakhir jangan sampai lupa untuk mengatur agar image target terlihat dengan centang pada ar camera pilih load data set
  21. kemudian kita tinggal play dengan memilih tanda play dibagian atas. hadapkan gambar yang di jadikan marker ke kamera supaya animasi keluar.
nah itu saja artikel sekaligus cara pembuatan animasi di augmented reality , adapun jika teman-teman ingin melihat contoh animasi yang sudah jadi disini, 
https://www.youtube.com/watch?v=R2OiCR6tlDk&feature=youtu.be 
SELAMAT MENCOBA , 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2025 Hendri Pratama Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger