Minggu, 30 November 2014

laporan aktivitas belajar tahap 1.a 1.b 1.c



Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Hendri Pratama Kumeang
NIM/ No. Registrasi
:
11031407
Alamat email
:
Program & Opsi
:
Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan (Sistem Jaringan Website)
Tahap Perkuliahan ke-
:
1.a
USBJJ
:
SEAMOLEC

Aktivitas Belajar Mandiri
Rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari (100-400 kata):
Untuk tugas 1.a perkuliahan kali ini membahas mengenai pengembangan karakter, dimana ada tugas yang harus kami kerjakan yaitu :
  1. Membuat Blog : Buatlah Blog (misalnya di blogspot, wordpress dll).
  2. Yoop Community : Sign up di Yoopa Community ITB: http://community.lskk.ee.itb.ac.id. Lalu, tuliskan di sini First Name, Last Name dan ID Card yang telah Anda isi saat sign up.
  3. Pengembangan Karakter :
1. Temukan makna yang sangat berarti sebagai motivasi
                a. Carilah dan tuliskan 5 makna (arti penting) mengikuti program D1 ITB.
                b. Buatlah penilaian 5 makna tersebut dari yang paling bermakna sampai yang paling kecil maknanya.

2. Kegiatan generik harian saat ini
Sebelum mengikuti program D1 ITB setiap peserta pasti memiliki kegiatan harian. Sekarang, tulis kegiatan harian tersebut, sesuai yang dilakukan sehari-hari. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain.

3. Merancang kegiatan generik harian IDEAL
Dari kegiatan generik harian yang ideal, buatlah rencana kegiatan generik harian IDEAl yang sesuai dengan peserta. Tidak perlu sama untuk setiap peserta. Tidak perlu merasa salah kalau berbeda dengan rekan lain. Yang terpenting, dapat mengalokasikan waktu yang cukup untuk belajar dan mampu dilakukan peserta secara konsisten setiap hari.

4. Merancang cara belajar mandiri
                a. Tuliskan tahapan/ cara belajar yang selama ini dilakukan.
                b. Buatlah Cara Belajar Mandiri berdasarkan contoh Tahapan Belajar yang generik (lakukan tiap tahap secara disiplin).
Keterangan: 
                Variasikan cara belajar sesuai pribadi masing-masing (dengan musik, di alam, diskusi dengan teman, membaca di perpustakaan, dsb) agar seluruh instrumen belajar (pendengaran, penglihatan, hati, pikiran) semuanya menjadi aktif .
                Pastikan motivasi dan rasa ingin tahu semakin besar dengan bertambahnya pengetahuan dan ketrampilan.

Kendala atau kesulitan yang telah saya atasi (termasuk cara mengatasinya) dan yang masih saya hadapi:
Mungkin sedikit kesulitan pada pemahaman soal yang diberikan, karena memang saya akui tidak mudah untuk memahami sebuah perintah. Namun ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan pemahaman sendiri apabila tidak mengerti saya bertanya pada rekan saya untuk mengaetahui apa yang dimaksud soal itu . tks

Video Dokumentasi Belajar
Cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat: 

Link berikut menampilkan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya upload ke Youtube:

 Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Hendri Pratama Kumeang
NIM/ No. Registrasi
:
11031407
Alamat email
:
Program & Opsi
:
Teknik Komputer dan Jaringan ( Sistem Jaringan Website )
Tahap Perkuliahan ke-
:
1.b
USBJJ
:
SEAMOLEC

Aktivitas Belajar Mandiri
Rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari (100-400 kata):
Materi perkuliahan 1.b atau pembuatan karakter di Blender, kami diharuskan mampu membuat karakter di blender dengan ketentuan yang telah diberikan , adapun rincian tugas seperti :
Spesifikasi Video Dokumentasi
 Durasi video masing-masing mahasiswa adalah 5-15 menit  Scripting pemrograman yang dilakukan dan tulisan yang diketik harus jelas  Wajah presenter ditampilkan (minimal 3 kali, yaitu pada awal, pertengahan dan akhir video)  Video berjenis suatu tutorial yang menjelaskan Tugas yang dikerjakan.  Ukuran file kecil (dengan cara/ setting di bawah ini, video+audio selama 15 menit hanya memiliki ukuran file sekitar 15 MB)  Ukuran file yang kecil diperlukan untuk memudahkan proses upload ke Youtube.

Buatlah video dokumentasi dengan topik mendesain karakter 3D yang BARU sesuai dengan keempat Video Materi Blender Ganesha. Setelah video dokumentasi tersebut dibuat:
1.       kumpulkan video tersebut pada Instruktur USBJJ
2.       upload keempat video tersebut di Youtube.com.
 Namun dalam pengeditannya kami menggunakan aplikasi CAMSTUDIO, dalam pembuatan karakter inii kami banyak mengetahui aplikasi blender dan aplikasi camstudio bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut dan fungsi aplikasi tersebut .
Kendala atau kesulitan yang telah saya atasi (termasuk cara mengatasinya) dan yang masih saya hadapi:
Untuk kendala pada tugas kali ini menurut saya sangat banyak, kendala yang paling sulit adalah kita di tuntut membuat karakter di aplikasi blender yang kita ketahui itu tidak mudah apalagi saya yang belum banyak mengerti aplikasi blender, masalah lainnya adalah pada ketentuan tugasnya yang sangat rumit menurut saya karena saya sendiri baru mengetahui bidang IT . Untuk cara mengatasinya mungkin saya Tanya kepada seseorang yang lebih mengerti dan saya mengerjakan apa yang saya bisa setidaknya saya sudah usaha dan mengerjakan sebisa saya. Terima kasih

Video Dokumentasi Belajar
Cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat:



Link berikut menampilkan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya upload ke Youtube:
 Laporan Aktivitas Belajar
Nama Lengkap
:
Hendri Pratama Kumeang
NIM/ No. Registrasi
:
11031407
Alamat email
:
Program & Opsi
:
Konsentrasi Teknik Komputer dan Jaringan (Sistem Jaringan Website)
Tahap Perkuliahan ke-
:
1.c
USBJJ
:
SEAMOLEC

Aktivitas Belajar Mandiri
Rangkuman materi perkuliahan yang telah saya pelajari (100-400 kata):
Materi kuliah pada pertemuan kali ini adalah membuat laporan aktivitas dari tahp perkuliahan yang telah dilakukan, adapun format dalam membuat laporannya . yaitu :
1. Membuat Laporan dan Menyusun Portofolio Blog
 Membuat Laporan Aktivitas Belajar
·         Buatlah Laporan Aktivitas Belajar pada Tahap Perkuliahan 1(a) - 1(c).
·         Laporan dibuat sesuai dengan template yang telah ditentukan.
·         "Save As" dengan nama "Tugas Tahap Perkuliahan ke-1(a), 1(b) & 1(c)".
·         Kumpulkan softcopy file laporan tersebut pada instruktur USBJJ
Menyusun Portofolio
·         Portofolio disusun di dalam blog yang telah disediakan oleh USBJJ.
·         Posting pada blog yang dilakukan yaitu memindahkan (copy-paste) seluruh isi Laporan.
Namun untuk portfolio kami belum mendapatkan dari USBJJ kami, untuk itu kami belum bisa mengerjakannya . mungkin tugas yang baru dapat saya kirim adalah tentang laporan tugas tahap perkuliahan kami .

Kendala atau kesulitan yang telah saya atasi (termasuk cara mengatasinya) dan yang masih saya hadapi:
Untuk kendala yang kami hadapi pada pertemuan kali ini adalah kami belum dapat portfolio yang disediakan USBJJ kami, namun kami sudah menanyakan untuk hal itu dan kami hanya bisa menunggu. Untuk itu saya hanya mengumpulkan tugas tahap perkuliahan kami . terima kasih

Video Dokumentasi Belajar
Cuplikan gambar (screenshots) dari Video Dokumentasi Belajar yang telah saya buat:

Link berikut menampilkan Video Dokumentasi Belajar yang telah saya upload ke Youtube:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2025 Hendri Pratama Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger