BAB I
PENDAHULUAN
1.1PENDAHULUAN
Di
era modern ini kemajuan berbagai teknologi sangat pesat dan meminta perhatian
publik yang cukup besar. Sebagai warga Negara kreatif kita tidak boleh
putus asa ataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba
sulit, kita harus berusaha, kreatif,
inovatif dan berani mengambil suatu keputusan serta resiko untuk menciptakan
lapangan pekerjaan sendiri sehingga kita tidak harus bergantung pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu
pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin. Salah satu usaha yang dilakukan untuk
mengurangi pengangguran yaitu dengan berwirausaha atau menciptakan suatu produk yang sesuai dengan kemajuan zaman. Dengan kita berwirausaha kita bisa belajar mandiri dan bisa
memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu
banyak orang.
1.2 LATAR BELAKANG
Usaha
yang kami buat ini berdasarkan tugas sekolah (Praktik Kewirausahaan) di SMK
Penerbangan AAG lanud Adistjipto yang mana praktik ini diadakan pada semester
genap oleh seluruh siswa kelas XII tanpa terkecuali. Kegiatan Praktik
Kewirausahaan ini diadakan untuk menunjang creative dan pemikiran siswa yang
semakin hari semakin modern.
Semakin maju dan berkembangnya ilmu
pengetahuan saat ini, maka lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) diharapkan
mampu membuka lapangan pekerjaan sendiri sehingga mampu mengurangi pengganguran
saat ini.
1.3
TUJUAN
Tujuan dari pembuatan proposal ini antara lain
adalah :
Ø Untuk
mengajukan dana guna pembelian komponen-komponen dalam pembuatan produk.
Ø Sebagai
barang bukti bahwa adanya pembuatan produk tersebut .
Ø Sebagai salah satu syarat untuk nilai praktek
kewirausahaan.
BAB
II
PERENCANAAN USAHA
2.1Aspek
produksi
v Komponen
Ø PCB
Ø Resistor
Ø Capasitor
Ø Diode
Ø Potensio
Ø SCR
Ø Box
Ø Fiting
lampu
v Alat
Ø Penggaris
30 cm (sudah ada)
Ø Cutter
(sudah ada)
Ø ferrychloride
(sudah ada)
Ø Bor
DC (pinjam)
Ø Spidol
(sudah ada)
v Cara
Membuat
Ø Merancang
desain yang akan dibuat diaplikasi proteus.
Ø Cetak
desain yang telah dibuat dengan cara mengeprint.
Ø Potong
pcb sesuai dengan kebutuhan.
Ø Desain
yang telah diprint dicetak dipcb dengan cara distrika.
Ø Kemudian
larutkan dalam air hingga cetakan melepas.
Ø Lalu
larutkan dalam larutan ferrycloride.
Ø Bersihkan
pcb menggunakan bensin dengan cara dilap.
Ø Lubangi
pcb yang sudah ada desain dengan bor.
Ø Pasang
komponen sesuai desain yang telah digunakan.
Ø Setelah
terpasang komponennya maka tes dengan cara sambungkan dengan lampu yang
bersumber 220 vAC.
Ø Aturlah
kecerahan lampu sesuai keinginan.
2.2
Aspek Pemasaran
Rencananya produk ini
akan kami pasarkan dengan cara sebagai berikut:
Ø Menawarkan produk dengan tetangga,teman,kerabat
dll.
Ø Menawarkan disekitar dalam sekolah
seperti guru dan adik kelas.
2.3 Strategi
Bisnis
1. Penetapan
harga produk
Rencana harga
yang akan kami tawarkan mengacu pada penghasilan rata rata
masyarakat.tujuannya agar harga yang akan kami tawarkan tidak terlalu
membebankan masyarakat untuk membeli produk dari usaha kami,oleh karena itu
rencana harga yang kami tawarkan yaitu Rp 40.000,00-/ produk.
2. Strategi pemasaran
Strategi pemasaran merupakan salah satu
langkah yang dilakukan memperlancar pemasaran dan memuaskan konsumen,strategi
pemasaran ada 4 yaitu:
Ø A. Strategi produk
Dalam hal ini produk yang berkualitas tak
kalah pentingnya untuk memenuhi kepuasan konsumen adalah melihat
mutu dan manfaat produk.
Ø B . Harga
Harga
yang di tetapkan stabil,jika harga terlalu tinggi akan mengurungkan niat pembeli,sebaliknya
harga yang terlalu rendah di khawatirkan tidak dapat memenuhi biaya produksi.maka
harga yang kami tawarkan relative murah yaitu Rp 40.000,00-/1 produk.
Ø C . Tempat
Tidak kalah pentingnya dengan kualifikasi
produk, harga,tempat dan pasar juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan
pemasaran, penentuan pasar harus didasarkan dengan kemudahan produk oleh
konsumen. kami akan memilih tempat budidaya di rumah sendiri karena untuk
memudahkan dalam pengawasan,pembuatan ataupun dalam proses perawatannya.
Ø D . Promosi
Salah satu cara
promosi yang paling banyak dilakukan adalah dengan memasang iklan,diantaranya dengan
menawarkan secara langsung kepada konsumen (teman,kerabat,keluarga,dll).
BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
3.1 MODAL
þ Pembelian komponen tiap produk :
Nama komponen
|
Harga satuan
|
PCB (1buah)
|
Rp
2.000,00
|
Resistor (2buah)
|
Rp
300,00
|
Capasitor (1buah)
|
Rp
300,00
|
Diode (4buah)
|
Rp
.600,00
|
Potensio (1buah)
|
Rp
3.000,00
|
SCR (1buah)
|
Rp
3.000,00
|
Box
(1buah)
|
Rp
2.000,00
|
Fiting
lampu (1buah)
|
Rp
1.500,00
|
Tenol
|
Rp 1.600,00
|
TOTAL
|
Rp 14.300,00
|
þ Biaya
Tenaga Kerja :
Dikarenakan tenaga kerja yang kami
gunakan adalah jasa kami sendiri yaitu 4 orang maka biaya yang dibutuhkan cukup
sedikit,dengan rincian sebagai berikut:
-Upah
tiap pekerja = Rp 5.000,00 * 4 orang = Rp
20.000,00.Selama 3 jam.
- Total modal untuk pembuatan, pembelian komponen Rp 14.300,00 + biaya tenaga kerja Rp 20.000,00 = Rp 34.300,00-.
- Total modal untuk pembuatan, pembelian komponen Rp 14.300,00 + biaya tenaga kerja Rp 20.000,00 = Rp 34.300,00-.
3.2
KEUNTUNGAN
Untuk penjualan Rp 40.000,00/1 buah
produk = Rp40.000,00 (laba kotor). Maka untung dari laba kotor Rp 40.000,00 –
modal pembuatan Rp 34.300,00 = Rp 5.700,00
(laba bersih).
0 komentar:
Posting Komentar